Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Rumus Excel SUM SUMIF SUMPRODUCT Dan SUMIFS Untuk Keperluan Perhitungan

Fungsi Rumus Excel SUM SUMIF SUMPRODUCT Dan SUMIFS Untuk Keperluan Perhitungan Excel - Rumus =SUM pada excel, merupakan rumus paling dasar dalam melakukan penjumlahan dengan sederhana maupun kompleks. Terdapat beberapa fungsi matematika yang bisa menggunakan rumus =SUM ini yaitu:



  • Penjumlahan Matematika Dasar
  • Perhitungan Statistik
  • Perhitungan Waktu
  • Logika Perhitungan
  • Perhitungan Secara Sistematis
  • Perhitungan Database
  • Perhitungan Keuangan
  • Perhitungan Informasi
  • Perhitungan Jumlah Kata

  • Jadi, untuk penggunaan rumus =SUM sangat beragam sekali sesuai kebutuhan anda. Terdapat beberapa rumus =SUM turunan yang bisa anda pelajari, dimana rumus tersebut digunakan tergantung dengan data apa yang anda butuhkan.

    Terdapat 4 jenis rumus =SUM tambahan, yaitu =SUM, =SUMPRODUCT. =SUMIF, =SUMIFS yang dimana rumus tersebut pada dasarnya digunakan untuk menghitung penjumlahan berbagai data yang anda miliki. Berikut 4 rumus yang kami maksud lengkap dengan penjelasannya.

    1# Pengertian Rumus =SUM Pada Excel

    Merupakan rumus paling mendasar yang dimana menjumlah range dari CELL, dimana rumus ini digunakan pada saat anda ingin menjumlah keseluruhan perhitungan secara vertikal CELL maupun horizontal CELL.

    Contoh kasus menggunakan rumus SUM adalah, dimana anda mendapatkan sejumlah data hitungan, dimana anda harus menjumlah data tersebut. Dari data yang horizontal maupun vertikal, maka dengan mudah anda tinggal mengetikan rumus =SUM untuk menjumlah data tersebut.

    RUMUS : =SUM( RANGE CELL YANG INGIN ANDA JUMLAH )




    Contoh Perhitungan =SUM Secara Horizontal


    Tidak ada batasan range cell dalam menggunakan rumus =SUM, anda bisa menggunakan rumus tersebut dalam situasi apapun selama isi dari cell lengkap berisikan data yang anda perlukan untuk di buat lebih lanjut.

    2# Pengertian Rumus =SUMIF Pada Excel

    Merupakan rumus lanjutan dari =SUM, dimana rumus SUMIF merupakan rumus untuk menjumlah CELL dengan kerteria tertentu di dalam sebuah data. Jadi fungsinya lebih mengarah ke filter dari data yang diperlukan.

    Contoh kasus menggunakan rumus SUMIF adalah, ketika anda memiliki sebuah data gaji karyawan sesuai masa tahun kerja, kemudian atasan anda meminta anda agar memberikan data gaji karyawan dengan masa tahun kerja 5 tahun dan meminta berapa jumlah semua gaji dengan masa kerja tersebut. Maka, anda harus menggunakan rumus =SUMIF seperti dibawah ini.

    RUMUS : =SUMIF( RANGE KERTERIA , KERTERIA DIPILIH, HASIL DARI KERTERIA)



    Diatas merupakan penggunaan rumus =SUMIF dimana anda bisa melakukan filter data yang ingin anda jumlah sesuai kebutuhan pekerjaan anda dalam mengolah data excel. Untuk hasil dari sumif sebagai berikut.



    Jadi dari hasil penjumlahan dalam menggunakan rumus SUMIF dengan menjumlah total gaji karyawan dalam masa kerja 5 tahun adalah 14.000.000. Tapi yang perlu diingat, dalam menggunakan rumus =SUMIF adalah penggunaan tanda ( , ) dan tanda ( ; ) dalam memisahkan rumus SUMIF karena setiap komputer berbeda-beda.

    3# Pengertian Rumus =SUMPRODUCT

    Merupakan rumus kombinasi dari =SUM dan =PRODUCT dimana digabung menjadi =SUMPRODUCT. Rumus ini berfungsi sebagai penjumlah data keseluruhan dengan berbagai data untuk dikalikan kemudian dijumlah bersamaan serta bisa melakukan filter terhadap kerteria tertentu yang diinginkan.

    Contoh kasus dalam menggunakan rumus =SUMPRODUCT adalah, ketika anda disuruh menjumlahkan semua data biaya pembelian sebuah barang, dimana barang tersebut memiliki jumlah dan jenisnya berbeda-beda untuk itu perhitungannya sebagai berikut.

    RUMUS : =SUMPRODUCT( ANGKA DIPILIH , ANGKA YANG DIKALIKAN )


    Kasus diatas sebenarnya bisa dikalikan secara manual saja, namun apabila anda ingin ringkas, maka bisa menggunakan rumus =SUMPRODUCT seperti contoh diatas. Untuk hasilnya tidak berbeda dengan mengalikan dan menjumlah secara manual.



    4# Pengertian Rumus =SUMIFS

    Merupakan rumus lanjutan dari SUM, dimana untuk fungsi dari rumus =SUMIFS adalah untuk menjumlah angka tertentu dengan banyak kerteria yang diinginkan. Atau, menjumlah dengan banyak kerteria agar hasil lebih akurat.

    Contoh kasus adalah, ketika anda mendapati data penjualan yang acak, dimana barang-barang tersebut didata seadanya. Maka, ketika anda menginginkan sebuah data penjualan produk tertentu, anda bisa menggunakan rumus =SUMIFS agar membantu pekerjaan anda.

    RUMUS : =SUMIFS ( RANGE KERTERIA DASAR , RANGE KERTERIA 1 , RANGE KERTERIA 2 )



    Kasus diatas, dimana anda menginginkan sebuah data penjualan sebuah barang bermerek "SYMA"dan dengan nama barang "SYMA X15". Dan untuk hasil akhirnya anda menginginkan total jumlah barang tersebut terjual. Maka dengan menggunakan rumus =SUMIFS, maka hasil dari jumlah barang yang anda inginkan akan terlihat. Seperti gambar di bawah ini.


    Hasil diatas merupakan data penjualan berdasarkan kerteria dasar yang dipilih, yaitu di kolom JUMLAH TERJUAL. Dimana data dicari berdasarkan MEREK dan NAMA DRONE. Anda bisa mengubah rumus kerteria dasar dengan kolom lain yang anda inginkan seperti TOTAL PENDAPATAN. Contoh seperti gambar dibawah ini.


    Rumus digunakan masih sama yaitu =SUMIFS ,namun hanya diubah range kerteria dasarnya saja. yaitu berada di kolom TOTAL PENDAPATAN . Sehingga menghasilkan data pendapatan dengan kerteria merek SYMA dan nama drone SYMA X15, dengan jumalah 570.000.

    Kelebihan dari rumus =SUMIFS adalah, anda bisa menggunakan banyak kerteria pilihan,Namun hanya bisa menggunakan 1 kerteria dasar yang menjadi nilai yang angka yang akan anda ambil untuk keperluan pekerjaan.

    Rumus SUM Yang Perlu Anda Kuasai Untuk Keperluaan Pekerjaan
    Memang yang kami jelaskan hanya 4 jenis rumus =SUM saja, tapi dengan 4 rumus ini anda sudah bisa mengolah data dengan baik pekerjaan - pekerjaan yang rumit dalam suatu kasus yang anda alami.

    Rumus diatas bisa anda pelajari berulang-ulang agar bisa hafal dan mengerti. Sehingga apabila anda dihadapkan pada suatu masalah dalam excel, anda bisa mengatasi dengan menggunakan rumus-rumus diatas.

    Yang paling sering digunakan dalam pekerjaan adalah rumus =SUMIF dan rumus =SUMIFS dimana kedua rumus ini sangat membantu dalam mengolah data penjumlahan dengan kerteria tertentu. Mulai dari menggolongkan jenis data keuangan, sampai dengan database penjualan rumus ini selalu digunakan oleh para ahli di bidang excel.

    Untuk itu, menguasai jenis rumus ini sangat diperlukan agar anda bisa mengembangkan rumus-rumus lain yang bisa anda ciptakan sendiri melalui macro maupun aplikasi VB yang nantinya akan kami bahas lagi disini.

    Posting Komentar untuk "Fungsi Rumus Excel SUM SUMIF SUMPRODUCT Dan SUMIFS Untuk Keperluan Perhitungan"